Fender Pelabuhan V 500H - 3000L Include Anchor dan Ready Stock - Jambi
Ready Stock Rubber Fender type V - Karet Fender V - Rubber Fender V - Produsen Rubber Fender V Jambi
Pendahuluan
Pelabuhan dan aktivitas bongkar muat barang merupakan urat nadi perdagangan global. Dermaga, sebagai infrastruktur vital di pelabuhan, berperan penting dalam menjamin kelancaran kegiatan tersebut. Namun, proses bongkar muat yang melibatkan kapal-kapal besar berisiko menimbulkan benturan pada struktur dermaga. Benturan ini dapat menyebabkan kerusakan pada dermaga dan kapal, berujung pada kerugian finansial dan gangguan operasional.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan solusi efektif untuk melindungi dermaga dari benturan kapal. Fender Pelabuhan V hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut. Fender ini dirancang khusus untuk menyerap energi benturan kapal ke dermaga, menjamin keamanan dan kelancaran aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan.
Peran Rubber Fender
Rubber fender merupakan peredam tumbukan yang dipasang di dermaga untuk menyerap energi sandar kapal. Kayu dan ban bekas digunakan sebagai peredam tumbukan sejak fender karet pertama dikembangkan pada tahun 1950an. Konsep peran rubber fender dalam proses berlabuh diilustrasikan pada Gambar 3.2.1.
Gambar 3.2.1 |
Eb :Effective berthing energy (kN×m)
M : Mass of vessel (=Displacement tonnage: DT, t)
VB : Berthing velocity (m/s)
Ce : Eccentricity factor
Cm : Virtual mass factor
Cc : Berth configuration factor
Cs : Softness factor
Seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.1, energi berlabuh efektif Eb adalah hasil perkalian energi kinetik normal kapal: 1/2・M・VB2 dan koefisien (Ce, Cm, Cc, dan Cs), sebagaimana didefinisikan dalam persamaan (5.3.1) pada Bab 5. Selanjutnya, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, luas antara kurva gaya reaksi dan jumlah defleksi pada sumbu x sesuai dengan jumlah energi yang diserap. Jadi, untuk fender, energi yang diserap EA harus sama dengan atau lebih besar dari energi berlabuh efektif Eb kapal.
Gambar 3.2.2 |
Gaya reaksi R pada Fender bertindak sebagai gaya horizontal pada dermaga atau pada lambung samping kapal yang berlabuh; oleh karena itu, gaya reaksi yang diinginkan adalah sekecil mungkin. Sebaliknya, penyerapan energi yang lebih besar diinginkan.
Oleh karena itu, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, kurva gaya reaksi Rubber Fender menunjukkan konstanta pegas yang tinggi pada tahap awal kompresi dan bagian yang konstan kemudian pada defleksi yang lebih tinggi. Karakteristik tersebut merupakan akibat dari deformasi tekuk pada Rubber Fender.
Tahap awal kompresi berhubungan dengan konstanta pegas yang tinggi; Namun, ketika puncak gaya reaksi terlampaui, konstanta pegas berkurang akibat tekuk, dan seiring dengan berlangsungnya kompresi, nilai konstanta pegas meningkat lagi, melebihi nilai puncak sebelumnya. Dengan asumsi bahwa titik di mana gaya reaksi melebihi puncaknya lagi adalah defleksi maksimum, dan gaya reaksi RR pada titik puncak adalah gaya reaksi maksimum; jika kompresi berada dalam defleksi maksimum, gaya reaksi adalah gaya horizontal maksimum terhadap dermaga dan lambung kapal. Mekanisme ini sesuai dengan performa tipe tekuk, dan saat ini menjadi konsep utama untuk desain Rubber Fender.
Dalam Pedoman PIANC 1), koefisien yang diperoleh dengan membagi penyerapan energi EA dengan gaya reaksi maksimum RR dikenal sebagai faktor fender. Dalam hal desain fender, memaksimalkan faktor fender dianggap penting untuk memastikan kinerja yang efisien. Untuk jenis fender karet yang sama, jika terjadi fluktuasi kinerja karena kondisi desain, gaya reaksi maksimum dan defleksi maksimum dalam kondisi desain masing-masing dianggap sebagai gaya reaksi desain dan defleksi desain.
Dengan bertambahnya ukuran kapal, kebutuhan akan Rubber Fender pun semakin beragam; selain itu, perlu untuk meningkatkan area kontak dengan lambung kapal untuk mengurangi tekanan kontak, dengan mempertimbangkan kekuatan lambung. Untuk tujuan ini, konfigurasi di mana panel fender dipasang pada bagian depan fender karet banyak digunakan.
Secara khusus, panel fender dipasang pada sebagian besar fender karet untuk kapal besar. Fender karet tanpa panel fender terutama digunakan untuk kapal berukuran sedang atau kecil yang tekanan lambungnya bukan merupakan masalah desain. Dengan demikian, fender karet yang memenuhi persyaratan yang diberikan dapat dipilih. Performa fender juga dapat diatur dengan mengganti material karetnya, yaitu dengan menggunakan material dengan performance grade atau grade karet yang berbeda.
Fender juga memainkan peran penting dalam tambatan. Situasi di mana kapal ditambatkan di dermaga ditunjukkan pada Gambar 3.2.3. Dalam hal ini fender bekerja pada saat kapal mendekati dermaga, sedangkan tegangan tali tambat merupakan gaya yang bekerja pada saat kapal bergerak lebih jauh.
Mengenal Fender Pelabuhan VA. Fungsi dan Manfaat: Fender Pelabuhan V, juga dikenal sebagai fender V, dirancang untuk menyerap energi benturan antara kapal dan dermaga. Saat kapal bersandar ke dermaga, benturan yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dermaga dan lambung kapal. Fender Pelabuhan V berfungsi sebagai penyangga yang menyerap energi benturan tersebut, sehingga:
B. Material dan Konstruksi: Material utama Fender Pelabuhan V adalah karet sintetis. Karet dipilih karena memiliki beberapa keunggulan:
Konstruksi khas Fender Pelabuhan V yang membedakannya dengan jenis fender lain adalah:
C. Perbandingan dengan Jenis Lain: Beberapa jenis fender lain yang umum digunakan di dermaga selain Fender Pelabuhan V adalah:
Fender Pelabuhan V menawarkan keunggulan dalam hal:
Aplikasi dan Spesifikasi Fender Pelabuhan VA. Area Penggunaan Ideal Fender Pelabuhan V ideal untuk digunakan di berbagai area dermaga, terutama yang melibatkan kapal berukuran besar dan proses bongkar muat barang yang aktif. Berikut beberapa area yang cocok menggunakan fender V:
B. Spesifikasi Teknis Fender Pelabuhan V tersedia dalam berbagai ukuran dan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan proyek spesifik. Berikut beberapa spesifikasi teknis yang perlu dipertimbangkan:
Faktor Penting dalam Memilih Spesifikasi:
KesimpulanFender Pelabuhan V terbukti sebagai solusi efektif dan hemat biaya untuk melindungi dermaga dan kapal dari benturan. Keunggulannya dalam hal:
Fender Pelabuhan V menjadi pilihan ideal bukan hanya untuk melindungi infrastruktur dermaga dan kapal, tetapi juga untuk:
Memilih Fender Pelabuhan V yang tepat dan memasangnya dengan benar merupakan investasi berharga. Dengan berkonsultasi dengan ahli di bidang konstruksi atau penyedia terpercaya, Anda dapat mendapatkan rekomendasi terbaik sesuai dengan kebutuhan proyek dermaga Anda. Penggunaan Fender Pelabuhan V yang tepat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan di dermaga, serta menjamin kelestarian infrastruktur dan lingkungan perairan. |
Tabel Ukuran Fender Pelabuhan V Antara Lain Sebagai Berikut Ini :
Kualitas Terjamin Harga Bersaing, Bergaransi, Open Factory Visit.
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.
Selain dari Rubber Fender Pelabuhan V, Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga tersedia rubber fender, rubber fender v, rubber fender d, rubber fender m, rubber fender cell, rubber fender cone, rubber fender cylinder, rubber fender square, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, rubber sheet, karet bumper, pelindung loading dock, asphaltic plug binder, deck drain cast iron jembatan, frontal frame fender, bollard dermaga, bitt bollard dermaga, curve bollard dermaga, tee bollard dermaga, expantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis.
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.
Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.kami melayani pengiriman seluruh indonesia
Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen. Informasi dan permintaan penawaran terbaik hubungi kami :
website : www.bollardmahameru.com
Call & WA : 082245923265 - 087722285552
-Fajar Achmadi-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar