Fender Pelabuhan V 500H - 3000L Include Anchor dan Ready Stock - Jambi

 

Ready Stock Rubber Fender type V Karet Fender V - Rubber Fender V Produsen Rubber Fender V Jambi

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,


Pendahuluan

Pelabuhan dan aktivitas bongkar muat barang merupakan urat nadi perdagangan global. Dermaga, sebagai infrastruktur vital di pelabuhan, berperan penting dalam menjamin kelancaran kegiatan tersebut. Namun, proses bongkar muat yang melibatkan kapal-kapal besar berisiko menimbulkan benturan pada struktur dermaga. Benturan ini dapat menyebabkan kerusakan pada dermaga dan kapal, berujung pada kerugian finansial dan gangguan operasional.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan solusi efektif untuk melindungi dermaga dari benturan kapal. Fender Pelabuhan V hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut. Fender ini dirancang khusus untuk menyerap energi benturan kapal ke dermaga, menjamin keamanan dan kelancaran aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan.

Peran Rubber Fender

Rubber fender merupakan peredam tumbukan yang dipasang di dermaga untuk menyerap energi sandar kapal. Kayu dan ban bekas digunakan sebagai peredam tumbukan sejak fender karet pertama dikembangkan pada tahun 1950an. Konsep peran rubber fender dalam proses berlabuh diilustrasikan pada Gambar 3.2.1.

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,

Gambar 3.2.1



Eb Effective berthing energy (kN×m)

M  : Mass of vessel (Displacement tonnage: DT, t)

VB : Berthing velocity (m/s)

Ce : Eccentricity factor

Cm : Virtual mass factor

Cc : Berth configuration factor

Cs : Softness factor

 

 

Seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.1, energi berlabuh efektif Eb adalah hasil perkalian energi kinetik normal kapal: 1/2MVB2 dan koefisien (Ce, Cm, Cc, dan Cs), sebagaimana didefinisikan dalam persamaan (5.3.1) pada Bab 5. Selanjutnya, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, luas antara kurva gaya reaksi dan jumlah defleksi pada sumbu x sesuai dengan jumlah energi yang diserap. Jadi, untuk fender, energi yang diserap EA harus sama dengan atau lebih besar dari energi berlabuh efektif Eb kapal.

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,


Gambar 3.2.2


Gaya reaksi R pada Fender bertindak sebagai gaya horizontal pada dermaga atau pada lambung samping kapal yang berlabuh; oleh karena itu, gaya reaksi yang diinginkan adalah sekecil mungkin. Sebaliknya, penyerapan energi yang lebih besar diinginkan. 

 

Oleh karena itu, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, kurva gaya reaksi Rubber Fender menunjukkan konstanta pegas yang tinggi pada tahap awal kompresi dan bagian yang konstan kemudian pada defleksi yang lebih tinggi. Karakteristik tersebut merupakan akibat dari deformasi tekuk pada Rubber Fender. 

 

Tahap awal kompresi berhubungan dengan konstanta pegas yang tinggi; Namun, ketika puncak gaya reaksi terlampaui, konstanta pegas berkurang akibat tekuk, dan seiring dengan berlangsungnya kompresi, nilai konstanta pegas meningkat lagi, melebihi nilai puncak sebelumnya. Dengan asumsi bahwa titik di mana gaya reaksi melebihi puncaknya lagi adalah defleksi maksimum, dan gaya reaksi RR pada titik puncak adalah gaya reaksi maksimum; jika kompresi berada dalam defleksi maksimum, gaya reaksi adalah gaya horizontal maksimum terhadap dermaga dan lambung kapal. Mekanisme ini sesuai dengan performa tipe tekuk, dan saat ini menjadi konsep utama untuk desain Rubber Fender. 

 

Dalam Pedoman PIANC 1), koefisien yang diperoleh dengan membagi penyerapan energi EA dengan gaya reaksi maksimum RR dikenal sebagai faktor fender. Dalam hal desain fender, memaksimalkan faktor fender dianggap penting untuk memastikan kinerja yang efisien. Untuk jenis fender karet yang sama, jika terjadi fluktuasi kinerja karena kondisi desain, gaya reaksi maksimum dan defleksi maksimum dalam kondisi desain masing-masing dianggap sebagai gaya reaksi desain dan defleksi desain.

 

Dengan bertambahnya ukuran kapal, kebutuhan akan Rubber Fender pun semakin beragam; selain itu, perlu untuk meningkatkan area kontak dengan lambung kapal untuk mengurangi tekanan kontak, dengan mempertimbangkan kekuatan lambung. Untuk tujuan ini, konfigurasi di mana panel fender dipasang pada bagian depan fender karet banyak digunakan. 

 

Secara khusus, panel fender dipasang pada sebagian besar fender karet untuk kapal besar. Fender karet tanpa panel fender terutama digunakan untuk kapal berukuran sedang atau kecil yang tekanan lambungnya bukan merupakan masalah desain. Dengan demikian, fender karet yang memenuhi persyaratan yang diberikan dapat dipilih. Performa fender juga dapat diatur dengan mengganti material karetnya, yaitu dengan menggunakan material dengan performance grade atau grade karet yang berbeda.

 

Fender juga memainkan peran penting dalam tambatan. Situasi di mana kapal ditambatkan di dermaga ditunjukkan pada Gambar 3.2.3. Dalam hal ini fender bekerja pada saat kapal mendekati dermaga, sedangkan tegangan tali tambat merupakan gaya yang bekerja pada saat kapal bergerak lebih jauh.

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,


Mengenal Fender Pelabuhan V

A. Fungsi dan Manfaat:

Fender Pelabuhan V, juga dikenal sebagai fender V, dirancang untuk menyerap energi benturan antara kapal dan dermaga. Saat kapal bersandar ke dermaga, benturan yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dermaga dan lambung kapal. Fender Pelabuhan V berfungsi sebagai penyangga yang menyerap energi benturan tersebut, sehingga:

  • Mencegah kerusakan pada dermaga: Benturan yang diterima dermaga menjadi lebih kecil, meminimalisir keretakan, dan potensi kerusakan struktur dermaga akibat benturan berulang.
  • Melindungi lambung kapal: Energi benturan yang diserap fender V mengurangi risiko kerusakan pada lambung kapal, terutama pada bagian yang bersentuhan langsung dengan dermaga.
  • Menjaga kelancaran dan keamanan proses bongkar muat barang: Dengan dermaga dan kapal yang terlindungi, proses bongkar muat barang menjadi lebih lancar dan aman, terhindar dari penundaan akibat kerusakan yang tidak diinginkan.
  • Meningkatkan umur pakai dan estetika dermaga: Penggunaan fender V dapat memperpanjang umur pakai dermaga dengan mencegah kerusakan dini. Material karet yang digunakan juga dapat menambah nilai estetika dermaga.

B. Material dan Konstruksi:

Material utama Fender Pelabuhan V adalah karet sintetis. Karet dipilih karena memiliki beberapa keunggulan:

  • Kekuatan dan Elastisitas: Karet sintetis memiliki kekuatan yang baik untuk menahan benturan kapal berukuran besar. Elastisitasnya memungkinkan fender untuk menyerap energi benturan secara efektif dan kembali ke bentuk semula.
  • Ketahanan terhadap Abrasi: Karet sintetis memiliki ketahanan abrasi yang baik, sehingga tidak mudah terkikis oleh gesekan kapal atau benda lain yang bersentuhan dengan fender.
  • Ketahanan terhadap Cuaca: Karet sintetis tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, termasuk sinar matahari (UV), air laut, dan perubahan suhu.

Konstruksi khas Fender Pelabuhan V yang membedakannya dengan jenis fender lain adalah:

  • Bentuk V: Desain V terbalik pada bagian depan fender V memiliki fungsi ganda. Sisi miringnya memfasilitasi kapal untuk bersandar dengan sudut tertentu, sementara itu rongga di bagian dalam membantu dalam menyerap dan mendistribusikan energi benturan secara lebih merata.
  • Isi Internal: Rongga internal Fender Pelabuhan V biasanya diisi dengan busa atau udara bertekanan tinggi. Isian ini meningkatkan daya tahan benturan dan kemampuan fender untuk kembali ke bentuk semula setelah tertekan.
    • Penggunaan Busa: Isian busa padat menawarkan daya tahan benturan yang sangat baik dan tidak memerlukan perawatan khusus terkait tekanan udara. Namun, busa cenderung memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan udara bertekanan.
    • Penggunaan Udara Bertekanan: Penggunaan udara bertekanan membuat bobot fender lebih ringan dan lebih mudah untuk menyesuaikan tingkat kekerasan fender sesuai kebutuhan. Namun, perlu dilakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan tekanan udara tetap optimal.

C. Perbandingan dengan Jenis Lain:

Beberapa jenis fender lain yang umum digunakan di dermaga selain Fender Pelabuhan V adalah:

  • Pneumatic Fender: Terbuat dari karet sintetis yang diisi udara bertekanan. Mirip dengan Fender Pelabuhan V dalam hal penggunaan material dan isian udara, namun tidak memiliki bentuk V dan lebih cocok untuk menyerap benturan dengan gaya tekan langsung.
  • Foam Fender: Terbuat dari busa padat yang dilapisi karet sintetis. Menawarkan daya tahan benturan yang baik, namun kurang efisien dalam mendistribusikan energi benturan dibandingkan dengan Fender Pelabuhan V.
  • Chain Fender: Terbuat dari rantai baja yang digantung secara vertikal di sisi dermaga. Cocok untuk penggunaan di area dengan lalu lintas kapal yang rendah, kurang efektif untuk menyerap energi benturan dan dapat berpotensi mengalami kerusakan pada rantai akibat benturan berulang.

Fender Pelabuhan V menawarkan keunggulan dalam hal:

  • Efisiensi dalam Penyerapan Energi Benturan: Bentuk V dan isian internal yang tepat membuat Fender Pelabuhan V lebih efektif dalam menyerap dan mendistribusikan energi benturan dibandingkan jenis fender lain.
  • Kesesuaian untuk Berbagai Kondisi: Tersedia dalam berbagai ukuran dan spesifikasi, Fender Pelabuhan V dapat disesuaikan dengan kebutuhan benturan dan kondisi dermaga yang beragam.
  • Ketahanan dan Perawatan yang Mudah: Material karet sintetis dan isian yang bervariasi memberikan ketahanan yang baik dan perawatan yang relatif mudah dibandingkan jenis fender tertentu seperti chain fender.

Aplikasi dan Spesifikasi Fender Pelabuhan V

A. Area Penggunaan Ideal

Fender Pelabuhan V ideal untuk digunakan di berbagai area dermaga, terutama yang melibatkan kapal berukuran besar dan proses bongkar muat barang yang aktif. Berikut beberapa area yang cocok menggunakan fender V:

  • Area Bongkar Muat Barang: Fender V mampu menyerap benturan besar yang terjadi saat kapal bersandar untuk proses bongkar muat barang, melindungi dermaga dan kapal dari kerusakan.
  • Tambatan Kapal: Fender V membantu menjaga keamanan kapal saat ditambatkan di dermaga, mencegah kerusakan akibat goyangan kapal yang disebabkan oleh angin, arus, atau gelombang.
  • Dermaga Umum: Fender V cocok untuk digunakan di dermaga umum yang melayani berbagai jenis kapal, karena fleksibilitasnya dalam menyerap benturan dengan variasi gaya dan beban.
  • Dermaga Kontainer: Fender V sangat ideal untuk dermaga kontainer yang menangani kapal kontainer berukuran besar dan proses bongkar muat yang intensif.

B. Spesifikasi Teknis

Fender Pelabuhan V tersedia dalam berbagai ukuran dan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan proyek spesifik. Berikut beberapa spesifikasi teknis yang perlu dipertimbangkan:

  • Ukuran:
    • Diameter Bodi: Menentukan kapasitas energi benturan yang dapat diserap oleh fender.
    • Lubang Drainase: Memungkinkan air yang terperangkap di dalam fender untuk keluar, mencegah kerusakan akibat penumpukan air.
  • Kapasitas Energi Benturan: Diukur dalam kilojoule (kJ), menunjukkan jumlah energi benturan yang dapat diserap fender sebelum mengalami kerusakan.
  • Daya Tahan: Umur pakai fender yang diukur dalam tahun, bervariasi tergantung material, konstruksi, dan kondisi penggunaan.
  • Bahan Internal: Pemilihan bahan internal seperti busa atau udara bertekanan mempengaruhi daya tahan benturan, bobot, dan tingkat perawatan yang dibutuhkan.

Faktor Penting dalam Memilih Spesifikasi:

  • Ukuran dan Jenis Kapal: Pilih fender dengan kapasitas energi benturan yang sesuai dengan ukuran kapal dan gaya benturan yang diprediksi.
  • Kondisi Dermaga: Pertimbangkan faktor seperti arus, gelombang, dan potensi kerusakan akibat benturan di area dermaga.
  • Anggaran: Harga fender V bervariasi tergantung ukuran, spesifikasi, dan material yang digunakan. Pilih fender yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan proyek.

Kesimpulan

Fender Pelabuhan V terbukti sebagai solusi efektif dan hemat biaya untuk melindungi dermaga dan kapal dari benturan. Keunggulannya dalam hal:

  • Penyerapan energi benturan yang optimal berkat bentuk V dan isian internal yang tepat.
  • Ketahanan terhadap cuaca dan abrasi berkat material karet sintetis.
  • Perawatan yang mudah dan umur pakai yang panjang.
  • Kesesuaian untuk berbagai ukuran kapal dan kondisi dermaga dengan ketersediaan pilihan ukuran dan spesifikasi.

Fender Pelabuhan V menjadi pilihan ideal bukan hanya untuk melindungi infrastruktur dermaga dan kapal, tetapi juga untuk:

  • Meningkatkan kelancaran dan keamanan proses bongkar muat barang.
  • Menjaga estetika dan umur pakai dermaga dalam jangka panjang.

Memilih Fender Pelabuhan V yang tepat dan memasangnya dengan benar merupakan investasi berharga. Dengan berkonsultasi dengan ahli di bidang konstruksi atau penyedia terpercaya, Anda dapat mendapatkan rekomendasi terbaik sesuai dengan kebutuhan proyek dermaga Anda.

Penggunaan Fender Pelabuhan V yang tepat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan di dermaga, serta menjamin kelestarian infrastruktur dan lingkungan perairan.

Tabel Ukuran Fender Pelabuhan V Antara Lain Sebagai Berikut Ini :

Rubber Fender Tipe V,karet bantalan v,rubber fender v,mpmperkasa,vendor karet fender v,karet fender v,supplier rubber fender v,

Kualitas Terjamin Harga Bersaing, Bergaransi, Open Factory Visit.

Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Selain dari Rubber Fender Pelabuhan V, Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga tersedia rubber fenderrubber fender vrubber fender drubber fender mrubber fender cellrubber fender conerubber fender cylinderrubber fender squarebantalan jembatan / elastomeric bearing padrubber sheetkaret bumper, pelindung loading dockasphaltic plug binderdeck drain cast iron jembatanfrontal frame fenderbollard dermaga, bitt bollard dermagacurve bollard dermagatee bollard dermagaexpantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis.

Kami  Mahameru Putra Mandiri Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.kami melayani pengiriman seluruh indonesia

Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen. Informasi dan permintaan penawaran  terbaik hubungi kami :

website : www.bollardmahameru.com

Call & WA : 082245923265 - 087722285552

-Fajar Achmadi- 



Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *