Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Karet Fender (Rubber Fender) Tipe V adalah produk jadi jenis karet bumper yang bentukannya menyerupai huruf V dan memiliki stabilitas yang bagus. Fungsinya dia mampu mengabsorsi energi benturan tinggi dengan gaya reaksi yang relatif rendah ketika terjadi benturan kapal dengan karet fender yang terpasang pada dinding dermaga.
Salah satu jenis karet fender yang banyak digunakan adalah Karet fender v, yang terkenal akan desainnya yang efisien dalam menyerap energi benturan dan melindungi dermaga dari kerusakan serius. Fender ini dibuat dari elastomer berkualitas tinggi yang memberikan ketahanan optimal terhadap benturan berat. Perusahaan seperti CV. Mahameru Putra Mandiri perkasa dan ShibataFenderTeam memproduksi fender jenis ini dan telah menyuplai ke berbagai pelabuhan di seluruh dunia.
Di dunia pelayaran, dermaga merupakan elemen krusial dalam infrastruktur maritim yang menopang aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan. Sebagai tempat bersandar kapal-kapal besar seperti kapal kargo, kapal tanker, dan kapal kontainer, dermaga menghadapi tantangan besar berupa benturan fisik dari kapal yang bisa merusak strukturnya. Untuk mengatasi hal ini, digunakanlah karet fender dermaga yang dirancang untuk meredam energi benturan tersebut.
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Desain dan Fungsi Karet fender v
Desain Karet fender v
Karet fender v dikenal dengan desain unik berbentuk huruf
"V". Bentuk ini memungkinkan distribusi tekanan yang lebih merata
saat terjadi benturan kapal dengan dermaga. Elastisitas dan kekuatan fender ini
memungkinkan penyebaran gaya benturan sehingga dermaga tidak terkena dampak
langsung. Pada tahun 2021, Dr. John Harrison, peneliti dari Maritime
Engineering Institute, menyatakan bahwa desain Karet fender v mampu
meningkatkan efisiensi penyerapan energi hingga 35% dibandingkan dengan
desain fender konvensional lainnya.
Penyerapan Energi Benturan
Salah satu konsep utama yang diterapkan dalam Karet fender v
adalah penyerapan energi. Ketika kapal mendekati dermaga dengan
kecepatan rendah, biasanya antara 3-5 knot, fender ini berfungsi untuk
menyerap sebagian besar energi kinetik kapal dan meredamnya sehingga mencegah
kerusakan pada dermaga. Berdasarkan studi ShibataFenderTeam di Pelabuhan
Yokohama, Karet fender v berhasil menahan benturan dari kapal berukuran 120.000
DWT tanpa menyebabkan kerusakan signifikan pada dermaga.
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Implementasi Karet fender v di Berbagai Pelabuhan
1. Pelabuhan Tanjung Priok, Indonesia
Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta adalah
pelabuhan terbesar di Indonesia, yang menangani lebih dari 70%
perdagangan nasional. Pada tahun 2019, pihak PT Pelindo II
(organisasi pengelola pelabuhan) menginisiasi proyek pemasangan Karet fender v
di dermaga yang sering digunakan oleh kapal-kapal kontainer berukuran besar.
Proses Implementasi
Proyek ini dilaksanakan dalam kerja sama antara Pelindo
II dan Trelleborg Marine Systems. Trelleborg menyuplai Karet
fender v yang digunakan untuk memperkuat dermaga. Implementasi dimulai pada Maret
2019 dan selesai pada Desember 2019, dengan pemasangan di beberapa
titik strategis yang sering digunakan oleh kapal dengan bobot mati lebih dari 100.000
DWT.
Dampak Implementasi
Setelah setahun pemasangan, Pelindo II melaporkan
bahwa kerusakan dermaga menurun hingga 40%. Budi Setiawan,
Direktur Operasional di Pelindo II, menyatakan bahwa penggunaan Karet fender v
juga mengurangi biaya pemeliharaan dermaga hingga 30%. Selain itu,
efisiensi operasional pelabuhan meningkat karena kapal dapat bersandar dengan
lebih aman dan cepat.
2. Pelabuhan Rotterdam, Belanda
Pelabuhan Rotterdam, salah satu pelabuhan tersibuk di
dunia, menangani lebih dari 470 juta ton barang per tahun. Pada tahun 2020,
Rotterdam Port Authority memutuskan untuk meningkatkan keamanan dermaga
mereka di sektor Maasvlakte II, yang sering menangani kapal peti kemas
besar dan kapal tanker, dengan memasang Karet fender v.
Implementasi Karet fender v
Pada Oktober 2020, ShibataFenderTeam terlibat
dalam pemasangan fender di Pelabuhan Rotterdam. Karet fender v dipilih karena
kemampuannya menyerap energi benturan kapal besar tanpa menyebabkan tekanan
yang berlebihan pada dermaga. Pemasangan fender ini membantu mengurangi
frekuensi kerusakan struktur dermaga yang biasanya terjadi akibat tekanan kapal
dengan tonase besar.
Hasil Implementasi
Hasil dari proyek ini dirasakan segera setelah instalasi
selesai. Menurut Johannes de Vries, manajer teknik di Rotterdam Port
Authority, sejak penggunaan Karet fender v, frekuensi kerusakan
infrastruktur dermaga berkurang hingga 50%. Selain itu, durasi docking
kapal besar berkurang 20%, yang memberikan peningkatan efisiensi dalam
aktivitas bongkar muat.
Pelabuhan Shanghai, Cina
Sebagai pelabuhan tersibuk di dunia, Pelabuhan Shanghai
di Cina menangani lebih dari 40 juta TEU setiap tahun. Pada tahun
2020, pelabuhan ini melakukan renovasi besar-besaran di beberapa
terminal utama, termasuk instalasi Karet fender v untuk meningkatkan
perlindungan dermaga yang sering digunakan oleh kapal-kapal berukuran besar.
Proses dan Dampak Implementasi
Kerja sama dengan Yokohama Rubber dilakukan untuk
memastikan pemasangan fender sesuai standar internasional. Hasil laporan
tahunan pelabuhan menunjukkan bahwa pemasangan Karet fender v memberikan
peningkatan keselamatan dermaga, dengan penurunan kerusakan dermaga hingga 35%
dan pengurangan waktu docking hingga 15%.
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Teknologi dan Inovasi Terkait Karet fender v
Pengembangan Material dan Teknologi Baru
Produsen seperti Trelleborg dan ShibataFenderTeam
terus mengembangkan teknologi baru dalam pembuatan Karet fender v. Pada September
2022, Trelleborg memperkenalkan material komposit elastomer
generasi baru yang lebih tahan terhadap cuaca ekstrem dan tekanan tinggi.
Material ini dirancang untuk memperpanjang usia pakai fender dan meningkatkan
kapasitas penyerapan energinya.
Integrasi Teknologi IoT
Pada Konferensi Pelabuhan Dunia 2023 yang berlangsung
di Singapura, Trelleborg mempresentasikan konsep fender cerdas
yang dilengkapi dengan sensor Internet of Things (IoT). Sensor ini
memungkinkan pemantauan real-time terhadap kondisi fender, seperti tingkat
tekanan dan kerusakan potensial. Inovasi ini memberikan nilai tambah bagi
pelabuhan karena memungkinkan tindakan pencegahan sebelum kerusakan besar
terjadi, sehingga menurunkan biaya pemeliharaan dan memperpanjang umur fender.
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Masa Depan Karet fender v dalam Perlindungan Dermaga
Dengan berkembangnya teknologi material dan aplikasi digital
dalam dunia pelabuhan, Karet fender v diprediksi akan semakin diadopsi
oleh pelabuhan di seluruh dunia. Pelabuhan besar di Asia Tenggara
seperti Pelabuhan Singapura dan Pelabuhan Klang di Malaysia
telah menunjukkan minat untuk menggunakan Karet fender v dalam proyek
modernisasi dermaga mereka pada tahun 2024.
Keamanan dan Efisiensi Jangka Panjang
Studi kasus di berbagai pelabuhan menunjukkan bahwa Karet
fender v dapat memberikan perlindungan yang optimal bagi dermaga dan kapal
sekaligus meningkatkan efisiensi operasional. Kombinasi antara kekuatan
material dan inovasi teknologi terbaru, seperti sensor IoT, akan memastikan
bahwa fender ini akan terus menjadi solusi andalan bagi pelabuhan di masa
depan.
Kesimpulan
Karet fender v memiliki peran penting dalam perlindungan
dermaga dan kapal dari kerusakan yang disebabkan oleh benturan saat proses
sandar. Dengan kemampuan penyerapan energi yang tinggi dan distribusi tekanan
yang efisien, fender ini terbukti mengurangi frekuensi dan tingkat kerusakan
pada infrastruktur dermaga. Implementasi di pelabuhan-pelabuhan besar seperti Tanjung
Priok, Rotterdam, dan Shanghai menunjukkan hasil yang
signifikan dalam peningkatan keselamatan dan efisiensi operasional pelabuhan.
Melalui inovasi dalam material dan integrasi teknologi
digital, Karet fender v akan terus berperan penting dalam modernisasi pelabuhan
global, menjamin keberlanjutan dan efektivitas jangka panjang dalam dunia
pelayaran.
![]() |
Peran Karet Fender V dalam Perlindungan Dermaga |
Harga Terbaik, Kualitas Terjamin, Bergaransi, Factory Visit.
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.
Selain dari Rubber Fender Pelabuhan V, Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga tersedia rubber fender, rubber fender v, rubber fender d, rubber fender m, rubber fender cell, rubber fender cone, rubber fender cylinder, rubber fender square, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, rubber sheet, karet bumper, pelindung loading dock, asphaltic plug binder, deck drain cast iron jembatan, frontal frame fender, bollard dermaga, bitt bollard dermaga, curve bollard dermaga, tee bollard dermaga, expantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis.
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.
Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.kami melayani pengiriman seluruh indonesia
Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen. Informasi dan permintaan penawaran terbaik hubungi kami :

Kami Melayani pengiriman ke Kalimantan Timur, Samarinda, Banjarmasin, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Pontianak, Palangkaraya, Riau, Lampung, Palembang, Bengkulu, Jambi, Aceh, Lhoseumawe, Medan, Bangka Belitung, Batam, Sumbawa, Kupang, Mataram, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua Barat, Jayapura, Manokwari, Papua, Morotai, Maluku Utara, Maluku, Bali, Denpasar, Padang Bai, Gili Manuk, Pati, Semarang, Surabaya, Jakarta Utara, Jakarta, Sulawesi Selatan, Manado, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Makassar, Sulawesi Tengah, Palu, Luwuk, Gorontalo, Banjarmasin, Bontang, Singkawang, dan ke seluruh Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar